Home »
» Kurikulum 2013, Peluang dan Tantangan bagi Operator Komputer MI
Kurikulum 2013, Peluang dan Tantangan bagi Operator Komputer MI
Posted by Cahndeso
Posted on 21.57
with No comments
Penerapan Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2013-2014 merupakan tantangan dan peluang bagi operator Komputer Madrasah Ibtidaiyah. Landasan kurikulum 2013 pada perubahan model pembelajaran abad 21 yaitu apapun, dimanapun, dan kapanmu informasi dapat diperoleh peserta didik melalui internet. Hal ini menjadi tantangan bagi operator komputer karena diharapkan operator computer tidak terbatas pada pengisian data EMIS atau SIMDIK, tapi mampu menjadi pendukung model pembelajaran multimedia di madrasah.
Kurikulum 2013 menghapus matapelajaran TIK (teknologi Informasi dan Komunikasi ditiadakan karena computer digunakan di semua mata pelajaran. Para guru dituntut untuk menguasai teknik dasar computer. Hal ini menjadi peluang bagi operator computer untuk berbagi ilmu dengan para guru madrasah yang belum menguasai teknik dasar computer.
Hari Kamis, 4 Juli 2013, Para Operator Komputer madrasah ibtidaiyah (MI) di lingkungan KKMI Cilandak mengadakan pertemuan dalam rangka menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dengan diberlakukannya kurikulum 2013. Pertemuan diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Lebak Bulus.
Pertemuan tersebut merupakan salah satu program yang dicanangkan pada tahun pelajaran 2013 yaitu program ICT Madrasah . Outcome dari pertemuan para operator computer madrasah ibtidaiyah adalah memiliki website madrasah yang aktif dan menyelenggarakan madrasah online.
Pengantar pertemuan ditekankan pada perubahan mindset para operator computer madrasah ibtidaiyah. Tema yang diangkat yaitu model pembelajaran abad 21 dan kedudukan ICT pada kurikulum 2013. Para Operator Komputer melihat video tentang “Teaching in 21st Century” yang menggambarkan bahwa informasi dapat diperoleh kapanpun dan dimanapun melalui internet sehingga terjadi perubahan model pembelajaran.
Pada tema kedua tentang internet sebagai peluang dan tantangan. Para operator computer mi diminta mengungkapkan fasilitas internet apa yang sering digunakan?, mayoritas menggunakan facebook untuk bersosialisasi, google untuk mencari bahan, youtube untuk melihat dan mendonwload video dan Detik.com untuk mendapatkan informasi terbaru. Aktifitas tersebut lebih pada pengguna atau user fasilitas internet. Perlu diketahui siapa yang menyediakan bahan yang dicari lewat google? Video yang berada di Youtube? Dan yang mengup date informasi di detik.com?
Harapan adanya perubahan dari user internet menjadi penyedia atau provider, sehingga para operator computer madrasah bisa memberikan informasi yang benar dan berbagi ilmu kepada peserta didik yang lebih luas.
Peluang internet bisa dikatagorikan menjadi dua yaitu sosial dan komersial. Beberapa Aktifitas sosial yaitu bisa berbagi informasi dengan yang lain, mengajar online, dan bersilaturahmi lewat social media. Adapun aktifitas komersial yaitu membuka toko online, sekolah online, dan affiliate program.
Melihat peluang dan tantangan diatas, tersusun program kedepan para operator computer madrasah ibtidaiyah, yaitu aspek social dengan membangun website yang berisi informasi dan data yang diperlukan dalam pengembangan madrasah dan pengembangan guru madrasah. Langkah awal yaitu mencari nama domain yang simple dan mudah diingat serta membawa nama madrasah.
Rencana masa depan yaitu mendirikan madrasah ibtidaiyah Online. Tujuannya memberikan peluang dan kesempatan kepada madrasah menjadi guru madrasah online yang dapat mengajar secara online tanpa dibatasi oleh kelas. Madrasah Online dikelola oleh para operator komputer madrasah Ibtidaiyah Cilandak.
Kedua program diatas tidak akan terwujud tanpa ada komitmen para operator computer madrasah dan dukungan dari kelompok kerja Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Cilandak. Mudah-mudah ini merupakan awal yang baik, dalam rangka memberikan yang terbaik bagi madrasah khususnya, dan pada pendidikan Islam pada umumnya.
Wallahu’alam bishawab
0 comments:
Posting Komentar