Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia
|
|||
No
|
Materi
|
Indicator
|
Keterangan
|
1
|
Membaca
nonsastra
|
1. Menentukan
kalimat utama paragraph tentang makhluk hidup atau lingkungan
|
a. Paragraf berisi tentang makhluk hidup atau
lingkungan.
b. Paragraf
terdiri atas 4 kalimat : satu kalimat utama dan 3 kalimat penjelas.
c. Option:
merupakan kalimat-kalimat yg terdapat dalam paragraf tersebut // Bisa
disajikan dalam bentuk penomoran kalimat.
d. Kunci
jawaban : kalimat utama
|
2. Menentukan
ide pokok paragraf
|
a. Disajikan
1 paragraf.
b. Ide
pokok paragraf jelas.
c. Paragraf
yang baik.
d. Option:
ide pokok paragraf.
e. Kunci
: ide pokok.
|
||
3. Menentukan
simpulan paragraf
|
a. Disajikan
paragraf.
b. Menemukan
simpulan isi paragraf.
c. Option
: Kalimat simpulan isi paragraf.
d. Kunci
jawaban : Kalimat simpulan isi paragraf tersebut.
|
||
4. Menentukan
pernyataan sesuai isi paragraf
|
a. Disajikan
paragraf.
b. Isi
paragraf harus jelas dan spesifik.
c. Option
: Kalimat pernyataan yang SESUAI isi paragraf, bukan kalimat ISI /yang ada pada paragraf.
d. Kunci
jawaban : kalimat pernyataan sesuai isi.
|
||
5. Menentukan
kalimat tanya sesuai isi paragraf
|
a. Disajikan
paragraf (narasi)
b. Option: Kalimat tanya.
c. Kunci:
Kalimat tanya yang sesuai isi.
d. Kalimat
tanya (kunci) bisa dijawab berdasarkan isi paragraf.
e. Jawaban
kalimat tanya (kunci) ada dalam paragraf.
|
||
6.
Menjawab pertanyaan
sesuai isi bacaan dengan kata tanya: bagaimana
7.
Menjawab pertanyaan
sesuai isi bacaan dengan kata tanya: mengapa
|
a. Disajikan bacaan singkat yang potensial untuk
dipertanyakan : mengapa dan atau bagaimana.
b. Soal
berupa pertanyaan Mengapa // Bagaiaman
c. Option
: Kalimat jawaban dari pertanyaaan tersebut – sesuai isi bacaan.
|
||
8.
Memprediksi kejadian
berkaitan dengan isi bacaan
|
a. Disajikan
bacaan singkat yang berisi ilustrasi berkait dengan suatu kejadian.
b. Contoh
: Gejala alam akan terjadi hujan.
Tidak menampilkan kosakata HUJAN.
c. Option
: Beberapa Kejadian
d. Kunci
: Kejadian Hujan
|
||
9.
Mengambil informasi dari
isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
|
a. Disajikan
teks sederhana / bacaan pendek berisi data (hasil pertanian di suatu desa;
data siswa disuatu sekolah; data pekerjaan penduduk suatu desa; dst).
b. Disajikan
tabel sederhana, rumpang, belum terisi di beberapa indikator.
c. Option
: isi tabel yg rumpang berdasar teks tsb.
|
||
10.
Memaknai kata/istilah
dalam paragraf
|
a. Tersaji
paragraf yang memiliki kata atau istilah yang potensial dipertanyakan.
b. Contoh
: rakus; tangan panjang (ungkapan).
c. Memaknai
, bukan padanan kata / sinonim.
|
||
11.
Menentukan
antonim/sinonim dalamkalimat
|
a. Tersaji
kalimat yg di dalamnya terdapat kata yang potensial untuk dipertanyakan
antonim/sinonimnya.
b. Dasar
penentuan antonim/sinonim adalah makna kata dalam kalimat.
c. Contoh
: memungut; mengambil; melempar; membuang; membiarkan;
|
||
12.
Menetukan topik teks
percakapan
|
a. Tersaji
teks percakapan 2-3 orang.
b. Topik
percakapan jelas!
c. Option
: topik / pokok pikiran / tentang apa
|
||
13. Menentukan
kalimat sesuai isi iklan
|
a. Disajikan
iklan (gambar dan kata / frase / kalimat).
b. Menentukan
kalimat yang maksudnya sesuai dengan isi iklan tersaji.
c. Option:
Kalimat-kalimat pernyataan.
|
||
14.
Menentukan isi paragraf
laporan
|
a.
Disajikan paragraf laporan.
b.
Isi paragraf jelas,
spesifik
c.
Option: isi paragraf.
|
||
15. Menanggapi
isi paragraf instruksi
|
a. Disajikan
paragraf berisi instruksi. / Perintah / pernyataan agar pembaca melakukan
sesuatu.
b. Tanggapan
terhadap isi (instruksi) dalam paragraf.
c. Tanggapan
bernilai kebenaran universal.
|
||
16.
Menentukan makna kata
dalam paragraph instruksi
|
a. Disajikan
paragraf berisi instruksi dan terdapat kata yang potensial dipertanyakan.
(Paragraf berisi petunjuk pembuatan sesuatu).
b. Option
: Makna kata tertentu dalam paragraf tersebut.
|
||
17.
Menentukan pernyataan
sesuai dengan isi paragraf instruksi
|
a. Disajikan
paragraf berisi instruksi.
b. Option
: Kalimat pernyataan.
c. Kunci
: Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
|
||
18. Menentukan
makna kata dalam paragraph instruksi
|
a. Disajikan
teks pidato singkat.
b. Isi
berkaitan dengan dunia keseharian siswa SD / MI.
c. Bagian-bagian
pidato : salam pembuka, ucapan terima kasi, ucapan syukur, pendahuluan isi,
uraian isi, simpulan, harapan, ucapan
terima kasih, salam penutup.
d. Option
: isi pidato.
|
||
19.
Menentukan pernyataan
sesuai dengan isi paragraf instruksi
|
a. Disajikan
teks pidato singkat.
b. Isi
berkaitan dengan dunia keseharian siswa SD / MI.
c. Bagian-bagian
pidato : salam pembuka, ucapan terima kasi, ucapan syukur, pendahuluan isi,
uraian isi, simpulan, harapan, ucapan
terima kasih, salam penutup.
d. Option
: isi pidato.
|
||
20.
Menentukan pernyataan
sesuai dengan isi teks penjelasan (teks prosedur)
|
a. Disajikan
satu paragraf.
b. Paragraf utama – (narasi; deskripsi), -
c. Option
: nama paragraf
|
||
21.
Menentukan nomor telepon
ke suatu tujuan berdasarkan beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon
beberapa kota pada ilustrasi
|
a. Disajikan
ilustrasi yang memuat beberapa nomor telepon dan kodenya wilayahnya secara
naratif.
b. Pernyataan
rumpang nomor telepon suatau wilayah tertentu di Jawa Tengah.
c. Option
; Nomor telepon beserta kode wilayahnya.
|
||
22. Menentukan
persamaan/perbedaan isi teks
|
a. Disajikan
dua teks deskripsi / narasi.
b. Kedua
teks tersebut memiliki persamaan isi dan atau perbedaan isi.
c. Gaya
bahasa kedua teks sama.
d. Option
: Persamaan/ perbedaan kedua teks tersebut.
|
||
23. Menentukan
pesan pantun
|
a. Disajikan
sebait pantun.
b. Berisi
pesan / nasihat.
c. Option
: Kalimat pernyataan yang merupakan pesan yang terkandung dalam isi pantun
tersebut.
|
||
2
|
Membaca sastra
|
Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan kata
tanya:
24.
Bagaimana
25.
mengapa
|
a. Tersaji
cerita yang potensial dipertanyakan : bagaimana dan mengapa.
b. Cerita
anak
c. Option
kelimat lengkap merupakan jawaban atas pertanyaan bagaimana dan atau mengapa
|
26.
Menentukan watak tokoh
cerita
|
a.
Disajikan sepenggal
cerita, potensial dipertanyakan watak tokoh cerita
b.
Watak tokoh tergambar
lewat tutur kata, dan fisik tokoh; dilukiskan oleh pengarang.
c.
Option : watak tokoh
cerita
|
||
27. Menentukan
amanat cerita
|
a. Disajikan
cerita, memiliki amanat ------(nilai budi pekerti-karakter).
b. Option
: Kalimat yang merupakan amanat
cerita!
|
||
28. Mentukan
latar cerita
|
a. Disajikan
sepenggal cerita anak.
b. Cerita
potensial dipertanyakan latar. Latar waktu, tempat
c. Option
: Latar cerita.
|
||
29. Menjelaskan
sifat tokoh utama dalam cerita
|
a.
Disajikan cerita- tokoh
utama cerita ditampilkan dengan sifat yang menonjol.
b.
Soal: Menanyakan sifat
tokoh utama.
c.
Option: Kalimat yang
menyatakan sifat tokoh cerita.
d.
Kunci : Kalimat yang
menyatakan sifat tokoh utama cerita.
|
||
30. Menentukan
tema cerita
|
a. Disajikan
sepenggal cerita bertema (lingkungan, pendidikan, kemanusiaan, dll. Dalam
jangkauan anak).
b. Soal:
Menanyakan tema cerita.
c. Option:
tema.
d. Kunci
: tema yg sesuai cerita.
|
||
31. Menentukan
maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
|
a. Disajikan
sepenggal cerita.
b. Terdapat
bagian cerita yang memiliki maksud tertentu (misalnya sikap penolakan).
c. Option
: Kalimat penjelasan.
d. Kunci
: Kalimat penjelasan yang merupakan maksud dari pernyataan tertentu pada
bagian cerita.
|
||
32. Menentukan
keteladanan tokoh cerita
|
a. Disajikan
sepenggal cerita.
b. Tokoh
cerita memiliki karakter baik, ditampilkan menonjol.
c. Option
: Sikap tokoh.
d. Kunci
: Sikap tokoh yg perlu diteladani.
|
||
33. Memprediksi
kejadian berkaitan dengan isi cerita
|
a. Disajikan
cerita yang terdapat lukisan peristiwa
tertentu dan belum tuntas.
b. Cerita
tersaji dapat diemajikan berkaitan dengan peristiwa tertentu yg sifatnya
universal : banjir – hujan deras – kerusakan akibat banjir; dsb.
c. Option
: kejadian di luar cerita
d. Kejadian
diluar cerita yang berkaitan dengan isi cerita.
|
||
34. Menentukan
nilai moral positif dalam cerita
|
a. Disajikan
sepenggal cerita.
b. Cerita
tersaji mengandung nilai moral positif.
c. Option
: Kalimat pernyataan tentang moral.
d. Kunci
: Kalimat pernyataan tentang moral positif sesuai isi cerita.
|
||
35. Menentukan
kesimpulan cerita
|
a. Disajikan
sepenggal cerita.
b. Cerita
menggambarkan sikap seseorang dan akibatnya; peristiwa tertentu dan
akibatnya.
c. Option
: kalimat simpulan cerita
PERHATIAN
Simpulan cerita berbeda dengan ringkasan cerita.
Simpulan cerita yang dimaksud tidak identik dengan isi
cerita.
Simpulan yg
dimaksudkan lebih mengarah -
terdapat sebab akibat
|
||
36.
Menentukan maksud syair
|
a. Disajikan
sebait syair.
b. Isi
syair terkait dengan nilai karakter / budi pekerti
c. Option
: Maksud / Isi / Pesan syair.
d. Kunci
: Maksud/isi/pesan syair tersaji
|
||
37.
Menentukan makna kata
kias pada syair
|
a. Disajikan
sebait syair yg di dalamnnya terdapat makna kias.
b. Option
: Makna kata kias.
c. Kunci
: Makna kata kias dalam syair tersaji.
|
||
3
|
Menulis terbatas
|
38.
Melengkapi teks
percakapan
|
a. Disajikan
teks percakapan rumpang.
b. Rumpang
awal, tengah, akhir.
c. Option
: Kalimat percakapan.
d. Kunci
: Kalimat percakapan yg sesuai untuk melengkapi bagian yg rumpang.
|
39. Menyusun
kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu
|
a. Disajikan
kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu secara acak.
b. Otion
: Urutan kalimat-kalimat petunjuk tsb.
|
||
40. Melengkapi
teks petunjuk melakukan sesuatu
|
a. Disajikan teks berupa petunjuk melakukan sesuatu –
rumpang salah satu kalimat (langkah) petunjuk.
b. Option
: Kalimat untuk melengkapi teks yg rumpang.
|
||
41. Menyusun
kalimat-kalimat cara membuat sesuatu
|
a. 4-5
Kalimat petunjuk membuat sesuatu, tersaji secara acak.
b. Option:
urutan kalimat-kalimat tsb.
c. Kunci
urutan yang merupakan petunjuk membuat sesuatu.
d. Catatan
: sesuatu (terkait dengan dunia anak)
|
||
42. Melengkapi
paragraf dengan kalimat
|
a. Tersaji
pargraf rumpang kalimat. (Paragraf jenis narasi; argumentasi)
b. Option
: Kalimat untuk melengkapi bagian paragraf yg rumpang.
|
||
43. Melengkapi
paragraf dengan istilah
|
a. Disajikan
paragraf rumpang.
b. Bagian
rumpang tepat jika dilengkapi dengan istilah.
c. Option
: istilah (abang; ipar; buah tangan; dsb).
|
||
44. Melengkapi
pantun
|
a. Disajikan
pantun yg belum lengkap bagian isi.
b. Option
: isi pantun
c. Kunci
: Isi memenuhi persyaratan pantun; dan logika makna.
|
||
45. Melengkapi
paragraf dengan kata baku tentang hemat energi
|
a. Disajikan
paragraf rumpang – kata
b. Bagian
rumpang tepat jika dilengkapi dengan kosakata bidang (hemat) energi. Misal
(efesien/efisien/evisien/evesien, …. )
c. Option
: kosa kata bidang energi.
|
||
46. Menyusun
kalimat-kalimat menjadi paragraph padu
|
a. Disajikan
4 kalimat secara acak.
b. Kalimat-kalimat
tersebut berasal dari pargraf yang diacak.
c. Option
: Urutan nomor kalimat yg menyusun paragraf
|
||
47. Melengkapi
iklan dengan kata/kalimat tentang hemat energi
|
a. Disajikan
gambar produk sebagai gambar iklan, tersaji tanpa kalimat.
b. Option
: Kalimat iklan untuk menyertai gambar.
c. Kunci
: Kalimat iklan yg paling tepat sesuai gambar.
d. Bertema
hemat energi!
|
||
48. Menyusun
kalimat iklan yang efektif sesuai dengan gambar
|
a. Disajikan
gambar produk sebagai gambar iklan, tersaji tanpa kalimat.
b. Option
: Kalimat iklan untuk menyertai gambar.
c. Kunci
: Kalimat iklan yg paling tepat sesuai gambar.
|
||
49. Melengkapi
paragraf laporan dengan kalimat.
|
a. Disajikan
paragraf rumpang – jenis laporan.
b. Option
: Kalimat-kalimat untuk melengkapi paragraf rumpang tsb.
c. Kunci
: Kalimat yg sesuai dengan paragraf tersebut.
|
||
50. Mendiskripsikan
gambar mahluk hidup/lingkungan
|
a. Disajikan
gambar mahuk hidup/lingkungan.
b. Option
: Deskrepsi gambar.
c. Kunci
: Deskripsi gambar tersaji.
|
||
51. Menyusun
kalimat-kalimat hasil pengamatan menjadi paragraf laporan
|
a. Disajikan
beberapa kalimat yg merupakan kalimat (pernyataan) hasil pengmatan.
b. Kalimat-kalimat
tsb tersusun secara acak.
c. Option
: Paragraf yg disusun dari kalimat-kalimat tersaji.
d. Kunci
: Susunan paragraf (laporan) yang tepat.
|
||
52. Melengkapi
teks pidato persuasif dengan kalimat
|
a. Disajikan
pidato rumpang. (Pembuka/ Isi/ Simpulan/ Imbauan / Penutup)
b. Jenis/isi
pidato persuasif
c. Option
: Kalimat.
d. Kunci
: Kalimat yg sesuai dengan pidato tersaji (pidato persuasif).
|
||
53. Menggunakan
ungkapan dalam kalimat
|
a. Ungkapan
yang ada dalam jangkauan pemikiran anak.
b. Penggunaan
ungkapan yg paling tepat dalam kalimat.
|
||
54. Menyusun
kalimat-kalimat menjadi paragraf narasi
|
a. Tersaji
beberapa kalimat ditulis secara acak.
b. Option
: kemungkinan urutan kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf.
c. Kunci
: paragraf narasi dari kalimat-kalimat
tsb.
d. Alternatif
: Tersaji 4 paragraf, siswa menentukan yg merupakan paragraf narasi.
|
||
55. Menyusun
kalimat-kalimat menjadi paragraf deskripsi
|
a. Tersaji
beberapa kalimat ditulis secara acak.
b. Option
: kemungkinan urutan kalimat-kalimat tsb menjadi paragraf.
c. Kunci
: paragraf padu dari kalimat-kalimat tsb – pargraf deskripsi.
|
||
4.
|
Menyunting
kata/istilah,frase, kalimat,
paragraf, ejaan, dan tanda baca
|
56.
Menunjukkan kesalahan
penggunaan kata pada paragraf
|
a. Disajikan
paragraf
b. Terdapat
kesalahan penggunaan kata: diksi/pilihan kata tidak tepat.
c. Option:
kosakata yg terdapat dalam paragraf.
d. Kunci
: kesalahan kata/diksi
|
57.
Menggunakan ejaan sesuai
kaidah
|
a. Penerapan
ejaan (huruf kapital awal kalimat, nama geografi, nama suku bangsa, nama
hari, nama diri, nama jabatan pemerintahan).
b. Digunakan
dalam kalimat.
c. Kata
kunci : kalimat yang menggunakan ejaan sesuai kaidah
|
||
58.
Menggunakan tanda baca
sesuai kaidah
|
a. Tanda
baca tanda koma, titik dua (:), dan tanda petik.
b. Diterapkan
dalam kalimat.
c. Option
: kalimat bertanda baca
d. Kunci
: kalimat bertanda baca benar penggunaannya.
|
||
59.
Memperbaiki kesalahan
ejaan pada kalimat/paragraf
|
a. Disajikan
kalimat, terdapat kesalahan penggunaan ejaan.
b. Kesalahan
ejaan (huruf kapital awal kalimat, nama geografi, nama suku bangsa, nama
hari, nama diri, nama jabatan pemerintahan). (kesalahan penulisan huruf) ?
…..
|
||
60.
Memperbaiki kesalahan
tanda baca pada kalimat
|
a. Disajikan
kalimat
b. Tanda
baca pada kalimat tersebut kurang tepat / salah
c. Option
: Kalimat dengan tanda baca (perbaikan)
|
||
61.
Memperbaiki
penulisan/penggunaan istilah/kata
|
a. Disajikan
kalimat, terdapat penulisan/penggunaan istilah/kata yang tidak tepat.
b. Istilah
/ kata yang digunakan merupakan istilah/kata yang lazim salah digunakan dalam
berbahasa sehari-hari.
|
||
62.
Memperbaiki penggunaan
kata bentukan/berimbuhan pada kalimat
|
a. Disajikan
kalimat – terdapat kata berimbuhan – yang salah penggunaannya.
b. Bisa
jadi, diksi yang tidak tepat.
c. Option
: kata dengan alternatif pembetulannya
d. Kunci
: kata tsb yg sesuai dng
|
||
63.
Memperbaiki tata kalimat
pada paragraf
|
a. Disajikan
pargraf
b. Terdapat
kalimat yang salah strukturnya – sehingga menimbulkan salah makna.
c. Option
: Perbaikan struktur kalimat tersebut.
d. Kunci
: Struktur yang benar.
|
Home »
» Bedah kisi-kisi US/M SD/MI/SDLB Tahun Pelajaran 2015/2016
Bedah kisi-kisi US/M SD/MI/SDLB Tahun Pelajaran 2015/2016
Posted by Cahndeso
Posted on 18.03
with 1 comment
Terima kasih, sangat membantu.
BalasHapus